KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 11 SAMPIT

Mahmuddin Mahmuddin, Siti Halimah, Seisti Setiorini

Abstract


Aktivitas belajar siswa seringkali mengalami kesulitan belajar dari faktor internal dan eksternal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu. Subjek dalam penelitiaan ini adalah siswa kelas viii di SMP Negeri 11 Sampit tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan pedoman observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas viii di SMP Negeri 11 Sampit disebabkan oleh faktor internal dan eksternal siswa.


Keywords


Faktor Kesulitan Belajar

Full Text:

PDF

References


Derek Wood.2009. Kiat mengatasi gangguan belajar. Jogjakarta: Katahati.

Laeli Rizha Fathonah.(2015). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Smp Negeri 1 Secang Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Semarang. Diakses pada 28-11-2017.

Muhibbin Syah.2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sofiana Fuada.(2014). Faktor Kesulitan Belajar Ips Di Kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus V Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Tahun Pelajaran 2013/2014. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada 26-04-2018.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto.2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). 2011. Jakarta: SL Media.

Wahyudi.(2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas Viii Smp Negeri 14 Pontianak. Diakses pada pada tanggal 30-04-2018.




DOI: https://doi.org/10.46822/paedagogie.v8i1.137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan



Jurnal Paedagogie Media Kependidikan,Keilmuan dan Keagamaan  is Indexed By
 


 

 Creative Commons License

Jurnal Paedagogie  Media Kependidikan,Keilmuan  dan Keagamaan  di sebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats