FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIASAAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 KOTA BESI

Norlela Norlela, Norhayatun Norhayatun, Renita Yessi Anggraini

Abstract


Kebiasaan belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor dari dalam individu (internal) maupun faktor dari luar individu (eksternal). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Perhatian Orang Tua (eksternal) dan Motivasi Belajar (internal) Terhadap Kebiasaan Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Besi Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Besi Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 77 siswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan sampel adalah teknik sampel jenuh, maka jumlah sampel adalah 77 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda yang dibantu dengan SPSS 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap kebiasaan belajar siswa, (2) Ada pengaruh Motivasi Belajar terhadap kebiasaan  belajar siswa, (3) Ada pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap kebiasaan belajar siswa.


Keywords


Kebiasaan Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Agustin Nurochmah Hayati. (2016). Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Se-Kecamatan Imogiri Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Andrie Andhika Putra. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dewi Retno Indriaty. (2010). Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Diponegoro Semarang.

Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Elyn Donata. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xii Ips Sma Negeri 1 Pleret Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamzah B. Uno. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Indah Novebriyani. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa di SMK Nurul Iman Jakarta. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Jakarta.

Mulya Ningsih. (2017). Pengaruh Sikap Guru Terhadap Perilaku Negatif Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Sampit Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, tidak diterbitkan. STKIP Muhammadiyah Sampit.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

UU Sisdiknas. (2003). https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf diakses pada tanggal 5 Maret 2019

V. Wiratna Sujarweni. (2012). SPSS Untuk Paramedis .Yogyakarta: Gava Media.

Yahya Romadhon. (2015). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi PAI Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri III. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Yasintus Andreas Siga. (2017). Korelasi Antara Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kefamenanu Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.46822/paedagogie.v8i1.141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan



Jurnal Paedagogie Media Kependidikan,Keilmuan dan Keagamaan  is Indexed By
 


 

 Creative Commons License

Jurnal Paedagogie  Media Kependidikan,Keilmuan  dan Keagamaan  di sebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats