KINERJA GURU SMA BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR

Apuanor Apuanor, Sudarmono Sudarmono, Panji Sukma Nurdilaga

Abstract


The purpose of this study was to determine whether there were differences in the performance of teachers who received certification allowances and had not received certification allowances at SMK Negeri 1 Kota Besi and SMK PGRI Sampit 2018/2019 academic year. This research is a qualitative descriptive study.The subjects in this study were lecturers or teachers in SMK 1 of Kota Besi and SMK PGRI Sampit totaling 48 (Forty-eight) people. Data collection techniques used are questionnaires and documentation. There is a difference in the performance of certified teachers and certified teachers whose performance is better than that of uncertified teachers


Keywords


Teacher Performance, certification

Full Text:

PDF

References


Fachrurozi Nurmansyah (2014) dalam penelitian yang berjudul : Perbedaan Kinerja Guru yang Telah Berserifikasi Dengan Non Sertifikasi di Kota Surakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Nurrokhmah Yuli (2013) dalam penelitian yang berjudul : Perbandingan kinerja guru yang bersertifikasi pendidik dan yang belum besertifikasi pendidik di MTs Yarobi Grobogan. Skripsi Tidak Diterbitkan, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Khusna Alinatul (2013) dalam penelitian yang berjudul : Studi Komparasi antara guru yang belum bersertifikasi dan guru yang sudah bersertifikasi terhadap professionalism Guru Ipa di SD NU Kepanjen Malang. Skripsi Tidak Diterbitkan, Jurusan Pendidian Guru Madasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.Bandung.Alphabeta.

Supardi. 2014. Kinerja Guru.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E. 2014. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto, Darsial. 2015. Pengembangan Karir Profesi Guru. Yogyakarta : Gava Media.

Wiyani, Novan Ardy. 2015. Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta : Gava Media.

Sagala, Syaiful.2009.Kemampuan Profesional Guru.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru.




DOI: https://doi.org/10.46822/paedagogie.v8i2.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Paedagogie Media Kependidikan,Keilmuan dan Keagamaan  is Indexed By
 


 

 Creative Commons License

Jurnal Paedagogie  Media Kependidikan,Keilmuan  dan Keagamaan  di sebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats