MINAT MAHASISWA MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER MELALUI UKM PRAMUKA DI STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT

M Qahfi

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui minat mengikuti UKM Pramuka pada mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sampit tahun akademik 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sampit yang aktif pada tahun akademik 2016/2017 yaitu berjumlah 354 mahasiswa, yang kemudian diambil sampel yaitu sebanyak 73 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Deskriptif Kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebagian besar Mahasiswa memiliki minat mengikuti UKM Pramuka kategori sedang

Full Text:

PDF

References


Akhmad Faiz Abror Rosyaid. (2012). Pengaruh Minat Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Terhadap Kedisiplinan Pada Siswa Kelas V SD Se Gugus II Kecamatan Pengasih. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Andri Bob Sunardi. (2006). Boyman Ragam Latih Pramuka. Bandung: Nuansa Muda.

Ayunda Hanifah. (2016). Faktor-Faktor yang Mendukung Anggota Satuan Karya Pramuka Bahari (Saka Bahari) Kota Yogyakarta Dalam Mengikuti Renang. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Cicih Purwanti. (2013). Menigkatkan Minat studi Lanjut Ke SMK Melalui Layanan Informasi Karier Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Salem Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Depdiknas. (2005). Guru dan Dosen. Dalam http://sindiker.dikti.go.id. Diakses tanggal 06 Juni 2016.

Duwi Priyatno. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Duwi Trinasningrum. (2013). Meningkatkan Minat Mengikuti Kegiatan Kepramukaan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas X4 SMA NEGERI 11 Semarang. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Handoyo Utomo. (2010). Faktor-faktor yang mempengaruhi Minat siswa SMP Negeri Sekecamatan Tegowanu Kabupaten Gerobongan untuk Melanjutkan Ke Sekolah Menengah Kejuruan Tahun Ajaran 2009/2010. Skrips, Universitas Negeri Semarang.

I. Wayan As. (2013). Pramuka Indonesia. Bandung: Az-Zahra.

Leni Rahmawati. (2014). Hubungan Antara Keaktifan Mengikuti Kegiatan Kepramukaan Dangan Karakter Unggulan Bagi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di STAIN Salatiga Tahun 2014. Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga.

Muhibinsyah. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Mujio. (2016). Analisis Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Kegiatan Kemahasiswaan Di Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (Stkip) Muhammadiyah Sampit Tahun Akademik 2015/2016. Skripsi,STKIP Muhammadiyah Sampit.

Mushbahul Munir. (2014). Buku Sakti Pramuka. Semarang: Salmahat Publikshing.

Permendikbud. (2013). Implementasi Kurikulum Dalam http://kemendikbud.go.id. Diakses tanggal 06 Juni 2016.

Rifki Afandi dan Luluk Iffatur Rocmah. (2015). Pramuka Sebagai Wadah Mengembangkan Life Skill Mahasiswa Calon Guru Pada Perguruan Tinggi LPTK. Jurnal Pedagogia. Volume IV.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Reneka Cipta.

Sukardi. (2010). Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Balajar. Banjarmasin: Asdi Mahasatya.

Yeti Budiarti. (2011). Minat Belajar Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.46822/paedagogie.v5i2.55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ilmu Pendidikan



Jurnal Paedagogie Media Kependidikan,Keilmuan dan Keagamaan  is Indexed By
 


 

 Creative Commons License

Jurnal Paedagogie  Media Kependidikan,Keilmuan  dan Keagamaan  di sebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats