HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN KOOPERATIF TIPE STAD

Mahmu’ddin Mahmu’ddin, Siti Halimah, Agustina Sri Moyowati

Abstract


Dari hasil penelitian hasil nilai t hitung sebesar 5,966 dengan taraf signifikan p sebesar 0,000 sehingga p < 0,05 atau t hitung > t tabel (5,966 > 1, 66600). Hal ini berarti hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima yaitu ada perbedaan yang signifikan hasil belajar menggunakan model pembelajaran konvensional dan kooperatif tipe STAD.

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Hamzah B. Uno. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara

Isjoni. (2009). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta

Muhibbin Syah. (2013). Psikologis Belajar. Jakarta : Rajawali Pers

Oemar Hamalik. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers

Sudjana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suharsimi arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : PT Bumi Aksara

Sulistyorini. (2007). Evaluasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta : TERAS

Syaiful Bahri Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Tukira Taniredja, dkk. (2014). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung : Alfabeta

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Prestasi Pustaka




DOI: https://doi.org/10.46822/paedagogie.v5i2.56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ilmu Pendidikan



Jurnal Paedagogie Media Kependidikan,Keilmuan dan Keagamaan  is Indexed By
 


 

 Creative Commons License

Jurnal Paedagogie  Media Kependidikan,Keilmuan  dan Keagamaan  di sebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats