PENGARUH KESADARAN DIRI TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IX SMPN 9 SAMPIT

Sudarmono Sudarmono, Apuanor Apuanor, Eka Hendri K Kurniawati

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kesadaran diri terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 9 Sampit Tahun Pelajaran 2016/2017, Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik proportional random sampling. Peneliti menggunakan teknik ini karena jumlah populasi pada penelitian ini melebihi 100. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, Berdasarkan hasil analisis regresi liniear sederhana, diperoleh nilai thitung = 7,702 dengan taraf signifikansi p=0,000 (p<0,05) dengan koefisien determinasi sebesar 0,429 yang memiliki arti bahwa dalam penelitian ini kesadaran diri memiliki sumbangan sebesar 42,9% terhadap kedisiplinan belajar.

Full Text:

PDF

References


Achmanto Mendatu. 2010. Pikiran Sosial Manusia: Sebuah Pengantar Singkat. Psikoeduka.

Anis Setiyowati (2014). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sampit Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP MuhammadiyahSampit.

Atika Ulfia Adlina (2013). Hubungan Kesadaran Diri Dan Penghayatan Al-`Asmā `Al-Husnā Dengan Kecerdasan Spiritual Siswa Madrasah Aliyah Nu Banat Kudus. Skripsi, tidak diterbitkan, Program StudiTasawuf Dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin Iain Walisongo Semarang.

Duwi Priyatno (2010:61-97). Paham Analisa Statistik Data Dengan SPSS. Jogyakarta: Mediakom.

Fisher (1987: 134) dalamhttp://id.m.wikipedia.org/wiki/komunikasi_intrapersonal diakses 25 November 2015.

Goleman 2002 dalamhttp://aricitraworld.blogspot.co.id/2013/05/kecerdasan-emosional-dari-pandangan-daniel.html?=1 di akses 20 Februari 2016.

Hanif Ardiansyah (2013). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Administrasi Pekantoran Di Smk Nu 01 Kendal Tahun Pelajaran 2012/2013.Skripsi, tidak diterbitkan, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Istriana Setyaningrum (2011). Hubungan Antara Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Lokantara Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung Semester I TahunPelajaran 2011/2012.Skripsi, tidak diterbitkan, Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

James AngJit (2013: 3). Pengurusan Disiplin Murid. Malaysia: Dolomite Business.

Jarot Andri Winosono(2010). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD Negeri Ngajaran 03 Kec. Tuntang Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010.Skripsi, tidak diterbitkan, Program Studi Ekstensi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga.

M. Khamdan Kharis (2013). Pengaruh Dzikir Iklil Terhadap Kesadaran Diri Masyarakat Nelayan Jama’ah Al-Khidmah Desa Morodemak Kecamatan Boning Kabupaten Demak. Skripsi, tidak diterbitkan, Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Munawi (2007:22) dalam http://nicaturisma.wordprees.com/2013/05/27/peran-guru-dalam-meningkatkan-kedisiplinan-belajar-siswa/html?m=1 di akses 25 November 2015.

Masykur Arif rahman. 2011. Pentingnya Disipli Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Muhidin abdurahman & Somantri. 2011. Dasar -Dasar Metode Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Pustaka Setia

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sri Wati Dewi (2008). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Tingkat Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Arjasa Kangean Sumenep. Skripsi, tidak diterbitkan, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakutlas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN ) Malang.

Sugiyono (2010: 61-305). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto (2006:37-178). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto (2013: 177). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi (2010:183-166). Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. BumiAksara.

Sukardi (2011:174-175). Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tommi Poltak Mario dan V. Wiratma Sujaweni (2006:55-162). SPSS Untuk Paramedis Yogyakarta: Ardana Media.

Underwood dalam http://kajiankedisiplinan.blogspot.co.id/2013/12faktor-yang-mempengaruhi-disiplin-siswa.html?m=1 di aksestanggal 24 Mei 2016




DOI: https://doi.org/10.46822/paedagogie.v5i2.57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ilmu Pendidikan



Jurnal Paedagogie Media Kependidikan,Keilmuan dan Keagamaan  is Indexed By
 


 

 Creative Commons License

Jurnal Paedagogie  Media Kependidikan,Keilmuan  dan Keagamaan  di sebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats