PENERAPAN RATIONAL-EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENGATASI RENDAH DIRI SANTRIWATI

Agus Heriyanto, Gita Anggraini, Nur Purnama Wulandari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk membantu mengatasi rendah diri pada salah satu santriwati di SMP Darul Amin Sampit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah LR. Tempat penelitian di SMP Darul Amin Sampit. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara terstruktur.. Teknik analisa data menggunakan analisa data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum pelaksanaan konseling individual dengan pendekatan penerapan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk mengatasi rendah diri LR adalah 64,2% dan sesudah pelaksanaan konseling individual dengan pendekatan penerapan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) rendah diri LR berkurang menjadi 14,2%.

Full Text:

PDF

References


Aisyah Nur. (2011). Treatment Siswa Minder Melalui Pendekatan Rational Emotive Therapy (Studi Kasus Siswa Di Smp Siman Jaya Sekaran-Lamongan). Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya

Gantina Komalasari, Eka Wahyuni & Karsih. (2016). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Permata Putri Media

Ikhwan Winda Kurniawan. (2016). Konseling Keluarga Dengan Rasional Emotif Terapi Dalam Mengatasi Minder Pada Anak Di Desa Balonggebang Gondang Nganjuk. Undergraduate thesis, tidak diterbitkan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidatin Anifah. (2015). Implementasi Teknik Cognitive Restructuring Dalam Menangani Konsep Diri Rendah Pada Siswa X Di SMP Negeri 1 Ujungpangkah. Undergraduate thesis, tidak diterbitkan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad Qomaruddin. (2016). Bimbingan Dan Konseling Islam Dengan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Menangani Keterasingan Seorang Lesbi Di Semolowaru Surabaya. Undergraduate thesis, tidak diterbitkan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur Ilmi Fasih. (2014). Konsep -Konsep Dasar Rasional Emotif Behaviour Therapy. (digilib.uinsby.ac.id/584/3/Bab%202.pdf). Diakses tanggal 15 juni jam 22.30 WIB

Tohirin. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.46822/paedagogie.v5i2.59

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ilmu Pendidikan



Jurnal Paedagogie Media Kependidikan,Keilmuan dan Keagamaan  is Indexed By
 


 

 Creative Commons License

Jurnal Paedagogie  Media Kependidikan,Keilmuan  dan Keagamaan  di sebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats