FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PESERTA DIDIK SEKOLAH DI MADRASAH

M Qahfi, Novianti Rahmawanti, Saupani Saupani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor yang mempengaruhi minat siswa sekolah di Madrasah.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X (sepuluh) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kotawaringin Timur Tahun Pelajaran 2018/2019, yang kemudian di ambil sebanyak 55 siswa sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor yang dibantu dengan SPSS 15.Hasil analisis menunjukan bahwa faktor internal dan ekternal secara bersama-sama terhadap minat peserta didik sekolah di MAN Kotawaringin Timur adalah sebesar 98.496% sedangkan 1.504 % sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain.


Keywords


Faktor yang mempengaruhi minat, peserta didik, madrasah

Full Text:

PDF

References


Novita Felis Aria.2011.Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat memilih jurusan ips pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Juwanan Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2010/2011. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Pemendikbud RI Nomor 64 Tahun 2014. Pasal 1 Nomor 3Peminatan Kejurusan. Fromhttps://jdih.surabaya.go.id/pdfdoc/permen_13.pdf, diakses senin 07 Agustus 2018 12.14 WIB

Prasetyo Wibowo 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Memilih Masuk Ke Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Elektronika Industri Di Kabupaten Kulon Prog. Tidak Diterbitkan.Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Rio Wredatama H 2014. MinatSiswaMemilihJurusan Tata Boga Di SmkKabupatenSleman. TidakDiterbitkan.FakultasTeknikUniversitasNegeri Yogyakarta

Rulli Lovita Arima Sari 2017. Analisis Faktor Atas Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ekonomi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA N) Kelas X IPS Semester Gasal Di Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Tidak Diterbitkan.Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Cetakan ke-11. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sofyan Yamin & Heri Kurniawan. (2009). SPSS Complete Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS. Jakarta : Salemba Infotek.

UU RI Nomor 20 Tahun 2003. tentangsistempendidikannasional BAB 1 Pasal.

Fromfile:///C:/Users/CELLCOM/Downloads/sisdiknas.pdf, di aksesselasa, 21 Agustus 2018 13.45 WIB.

Undang-UndangDasar1945 pasal 31 ayat 3. Pemerintah mengusahakandan menyelenggarakan satusistempendidikannasional. Fromhttp://limc4u.com/uud-1945/penjelasan-pasal/penjelasan-pasal-31-uud-1945/, di Aksessenin 07 Agustus 12.45 WIB

UU RI Nomor 12 Tahun 2012. Tentang Pendidikan Tinggi. Mahardika Yogyakarta

Widia Hapnita 2017. Faktor Internal dan Eksternal yang dominan mempengaruhi hasil belajar menggabar dengan perangkat lunak siswa kelas XI Teknik gambar bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. Tidak Diterbitkan. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang.




DOI: https://doi.org/10.46822/paedagogie.v8i1.140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan



Jurnal Paedagogie Media Kependidikan,Keilmuan dan Keagamaan  is Indexed By
 


 

 Creative Commons License

Jurnal Paedagogie  Media Kependidikan,Keilmuan  dan Keagamaan  di sebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats